Melupakan

Pada jaman sekarang banyak sekali remaja pada umumnya yang sering kali menggunakan kata galau. Galau disini biasanya diartikan sakit hati terhadap lawan jenis. Karena tren galau ini banyak sekali para kaula muda yang mengalami kesedihan yang berlarut-larut hingga berdampak dengan turunnya produktifitas diri sendiri hingga ada yang sampai mengganggu kejiwaan seseorang. Hal ini disebabkan oleh tidak siapnya mental jika ditinggalkan oleh orang sudah biasa bersama atau bisa disebut orang yang kita sayang.
Galau biasanya selalu diliputi oleh kisah cinta yang sudah akan berakhir atau sudah berakhir, contohnya seperti putus dengan pacar, perceraian antar suami istri dan juga ditinggalkan sesorang meninggal dunia. Biasanya sebab dari perpisahan adalah karena sudah tidak cocok nya satu sama lain dengan alasan fisik, materi bahkan bisa di karenakan jarak yang biasa disebut LDR (Long Distance Relationship).
Ketika jatuh terpuruk akan sedihnya rasa perpisahan dengan seseorang, biasanya akan diikuti dengan rasa ingin mengisolasi dan berusaha melupakan kenangan-kenangan orang yang sudah meninggalkan. Pada prosesnya semakin melupakan seseorang, semakin muncul pula kenangan-kenangan yang telah dilalui bersama. Hal ini akan semakin mengejar pikiran seperti menghantui setiap saat, apalagi ketika sedang sendirian atau mengisolasi diri dari keramaian.

Melupakan bukanlah perkara mudah seperti yang dikatakan banyak orang. Melupakan hanya bisa dilalui dengan proses yang tidak mudah dan memakan waktu yang lama. Ada banyak cara untuk melupakan seseorang, dan tentunya setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk melakukannya. Hal yang pertama bisa melakukan adalah mendekatkan diri kepada Tuhan dan berdoa agar bisa diberi ketabahan dan dipertemukan dengan orang baru yang dapat menggantikan.
Kedua, tidak perlu memaksakan untuk melupakan, biarkan berjalan apa adanya dan membiarkan waktu melakukan tugasnya. Karena waktu adalah obat terbaik dalam perkara melupakan. Selanjutnya hindari hal-hal yang dapat mengingatkan kembali dengan kenangan-kenangan bahagia masa lalu. Jika tidak dihindari akan sangat memperburuk suasana hati yang sedang berusaha melupakan seseorang. Lalu cara yang efektif adalah menyibukan diri dengan aktifitas yang positif dan membangun. Ini akan sangat membantu dalam menata ulang kepercayaan diri dan mentalitas. Terakhir adalah dengan cara mengingat kembali apa yang sudah hilang dan apa yang masih tersisa dihidup anda. Tentunya keluarga, saudara dan teman-teman, mereka tidak ingin melihat orang yang disayang terus menerus terpuruk dalam kehilangan, mereka akan membantu.
Untuk rindu yang selalu ditangisi, semua akan sembuh pada waktunya. Mungkin tidak secepat yang dikira, tapi hati yang tercerai-berai akan perlahan mengobati diri sendiri dan menyatu kembali. Seorang penulis bernama Boy Candra pernah mengatakan dalam bukunya, “Ada saatnya kau melepaskan seseorang, bukan karna tidak mencintainya, tetapi demi menjaga hati kita sendiri agar tidak terluka lagi oleh sikap yang sama dan orang yang sama”.


Didedikasikan untuk: Febrianna Nafa Deska

Daftar Pustaka
Taya, Bethari. 2017. 9 Cara Melupakan Seseorang Dengan Cepat. Diakses tanggal 20 Oktober 2018. Terarsip dalam https://www.merdeka.com/gaya/9-cara-melupakan-seseorang-dengan-cepat-kln.html
Candra, Boy. 2015. Catatan Pendek Untuk Cinta Yang Panjang. Jakarta: Gramedia
Niza, Ahmad. 2015. 7 Tips Berkesan Melupakan Orang Dalam Tempoh Singkat. Diakses tanggal 20 Oktober 2018. Terarsip dalam https://www.thevocket.com/tips-lupakan-orang-yang-kita-sayang/

Comments

Popular posts from this blog

Elshinta Radio