Review Film State Of Play dan 9 Elemen Jurnalistik



Review Film

Film besutan sutradara Kevin Macdonald ini merupakan film bertema politik yang cukup menarik. Film berdurasi 128 menit ini bercerita tentang usaha Cal McAffrey (Russell Crowe) seorang reporter surat kabar Washington Globe dalam mengungkap kasus kematian Sonia Baker(Maria Thayer). Pegawai kongres Pennsylvania tersebut meninggal di stasiun kereta Metro. Pada awalnya kematian Sonia disinyalir sebagai kasus bunuh diri.
  
Kematian Sonia Baker disangkut pautkan dengan hubungan asmaranya dengan sang atasan, Stephen Collins (Ben Afflect). Hal ini disebabkan oleh sikap Stephen yang sangat melankolis bahkan sampai menitikkan air mata ketika mengabarkan kematian pegawainya. Berbagai media massa memberitakan bahwa kematian Sonia adalah bunuh diri akibat frustasi dengan statusnya sebagai kekasih gelap sang anggota kongres. 

Berita kematian Sonia tersebut menarik perhatian banyak reporter untuk memberitakannya. Tidak terkecuali dengan reporter Washington Globe. Cal dan Della Frye (Rachel McAdams) seorang wartawan khusus media online Washington Globe mendiskusikan tentang kabar kematian Sonia tersebut.  Namun Cal sebagai teman sekamar Stephen saat kuliah, tidak ingin nama baik temannya sebagai anggota kongres rusak akibat berita miring tentang hubungan gelap tersebut. Terlebih secara pribadi Cal memiliki rasa bersalah terhadap sahabatnya karena dia telah berselingkuh dengan istri Stephen, Anne Collins (Robin Wright Penn). Di dasari perasaan bersalah kepada Stephen tersebut membuat Cal memutuskan untuk menulis berita yang tidak menjatuhkan nama baik temannya. Oleh karena itu, Cal yang pada awal film digambarkan menangani kasus pembunuhan lain tiba-tiba memutuskan untuk menangani kasus kematian Sonia.

Film ini menggambarkan bagaimana konflik pribadi memengaruhi berita yang akan ditulis Cal. Bahkan Cal pun berusaha untuk membuat Della tidak asal menulis berita seperti yang dilakukan oleh media lain. Cal dan Della mengungkap kasus kematian Sonia secara lebih dalam dengan pendekatan investigasi. Ada pro dan kontra dengan pendekatan investigasi yang mereka lakukan karena membuat kasus tersebut butuh pengamatan dan penyelidikan lebih mendalam. Pengamatan dan penyelidikan yang lebih mendalam tersebut membuat berita tidak bisa cepat naik cetak dan menjadi pemicu kemarahan sang editor. Meskipun menimbulkan kemarahan sang editor, Cal tetap kekeuh dengan prinsipnya untuk membedah kasus kematian Sonia tersebut dengan metode investigasi. Kemauan Cal tersebut mau tidak mau diiyakan oleh Della.

Setelah melewati berbagai proses penyelidikan dan pengamatan, angin segar pun mulai menyapa mereka. Tanpa diduga, ternyata kematian Sonia ada hubungannya dengan penembakan dua lelaki yang terjadi malam sebelum Sonia meninggal. Bukan itu saja, hasil investigasi Cal dan Della tersebut ternyata membuka kasus besar yang melibatkan berbagai pihak militer Amerika.

Dua kali menonton film ini membuat saya berani mengatakan film ini bagus. Film ini berhasil menggabungkan dua hal yang saling bersinggungan setiap harinya yaitu politik dan jurnalisme. saya merekomendasikan film ini untuk siapa saja yang menyukai film dengan jalan cerita susah ditebak. Hal ini disebabkan oleh keunggulan dari film State of Play menururt saya terletak pada ide cerita dan jalan ceritanya. Terlebih film ini berakhir dengan plot-twist yang tidak terbayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, saya menyebut film ini cerdas dan bagus.


9 Elemen Jurnalistik

1.Kewajiban utama jurnalisme yaitu mencari kebenaran.
 Inti dari point ini jurnalistik adalah pencarian sebuah kebenaran. Di film State Of Play terlihat bahwa seorang jurnalis yaitu Cal McAffrey dan teamnya sangat menjunjung tinggi pencarian kebenaran dengan seluruh kemampuan dan analisis setiap harinya dalam berusaha mencari dan mengejar berita yang akan diterbitkan. Lalu sikapnya yang pantang menyerah dalam mengungkap fakta sebenarnya tentang skandal anggota kongres.

2.Loyalitas utama jurnalisme adalah pada masyarkat/warga negara.
 Jurnalis dituntut untuk mengedepankan kepentingan masyarakat/warga negara. Dalam film State Of Play juga terdapat elemen ini, karna tokoh Cal berusaha menguak skandal anggota kongres yang semata-mata hanya ingin menunjukkan kebenaran kepada publik. Cal sangat memiliki prinsip dalam memberikan informasi. Begitu banyak berita yang tidak penting yang disampaikan oleh media lain memebuatnya tidak menyerah dalam bersaing dengan media lainnya. Karena baginya, informasi menjadi penting apabila dikutip berdasarkan kebenaran. Kaitannya elemen ini dengan kebenaran juga sangat erat. Maka poin ini menjadi sangat penting untuk semua jurnalis. Publik atau citizen merupakan sasaran utama dalam sebuah terbitnya berita. Semua orang membutuhkan informasi dan ini menjadi tanggung jawab besar bagi seorang wartawan dalam memberikan informasi kepada publik sehingga berita tersebut tidak dianggap omong kosong.

3.Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi.
 Sebagai seorang jurnalis, harus disiplin dalam memverifikasi data dari sumber yang didapat dan berdasarkan fakta dilapangan bukan dari opini pribadi. Dalam film State of Play juga menunjukkan bagaimana cara Cal McAffrey memperoleh berita, baik melalui informan ataupun studi kasus ke tempat kejadian dan bahkan merancang teknik pengumpulan berita sedemikian rupa melalui informan lewat rekaman audio visual seperti saat berdialog dengan Dominic Foy.

4.Jurnalis harus menjaga independensi dari objek liputannya.
 Seorang jurnalis tidak boleh memihak pada siapapun, maka Ia harus menjaga independensi dari objek liputannya. Karena kebenaran adalah hal yang mutlak sekalipun tersangka utamanya yaitu orang yang berperan penting dalam kehidupan jurnalis tersebut baik itu sahabat, saudara, atau orangtua sekalipun. Dalam film ini terlihat jelas bahwa tersangka utama dalam berita yang diterbitkan yaitu sahabat dari Cal McAffrey sendiri yaitu Stephen Collins, selaku pejabat kongres yang terlibat dalam kasus pembunuhan serta perencanaan kejahatan dalam sebuah kongres besar di Washington. Sekalipun tersangkanya adalah temannya, dia tidak memihak dan tetap kepada kebenaran yang akan ia sampaikan melalui berita yang diterbitkan.

5.Jurnalis harus menjadi pemantau independen dari kekuasaan.
 Sebagai seorang jurnalis, tidak boleh memihak kepada siapapun sekalipun pemegang kuasa, ini berarti wartawan hanya bertindak sebagai pengawas jalannya pemerintahan dan bersifat independen. Di film tersebut terlihat bahwa begitu hebatnya seorang Stephen Collins merancang pembunuhan Sonia baker seolah itu adalah bunuh diri. Namun sebagai seorang jurnalis yang baik Cal McAffrey tidak memihak pada pengusa kongres yang merupakan temannya sendiri. Cal sebagai wartawan memantau jalannya pemerintahan itu dan menjalankan tugasnya dengan mencari fakta-fakta.

6.Jurnalis menyediakan forum bagi publik untuk saling kritik dan kompromi.
 Sebagai jurnalis harus menyediakan forum bagi publik, salah satunya yaitu dalam penulisan berita, harus menyediakan saran dan kritik bagi publik atau khalayak pembaca sehingga dengan segera bisa mendapatkan feedback dan informasi yang jelas. Di film State of Play, Cal McAffrey memberi kesempatan kepada setiap narasumber dari informan yang bersedia memberikan banyak masukan kepada Cal tentang awal mula di temukan barang-barang bukti berupa foto-foto orang terdekat dari korban, yaitu Sonia Baker.

7.Jurnalis harus berusaha membuat hal yang penting menjadi menarik dan relevan.
 Seorang wartawan harus bisa menyajikan informasi itu semenarik mungkin sehingga tidak menimbulkan kebosanan publik terhadap suatu berita, tetapi juga tetap harus sesuai dengan fakta yang terjadi bukan hanya menyajikan informasi yang menarik. Di akhir cuplikan film State of Play, banyak kalimat menarik dan relevan terkait berita tragedi dibalik pembunuhan Sonia Baker. Dan yang paling relevan di akhir cerita, berita pada headline tertulis dengan kalimat "Tertangkapnya seorang anggota kongres".

8.Jurnalis harus menjaga agar beritanya komprehensif dan proporsional.
 Seorang jurnalis dapat memberikan sudut pandang atau komentar yang berisikan solusi atau saran. Berita yang disajikan hendaknya tetap komprehensif dan proporsional tanpa menambah maupun mengurangi isi berita berdasarkan kebenaran. Seperti pada akhir film State of Play, juga kita lihat bagaimana Cal menulis semua berita tersebut berdasarkan kebenarannya.
 
9.Jurnalis memiliki kewajiban untuk mengikuti hati nurani.
 Mendengarkan hati nurani sendiri maksudnya yaitu, sesuatu yang berasal dari hati nurani akan bersifat baik, sehingga meminimalisir kebohongan dalam penulisan berita. Sebuah berita terealisaikan karena ada yang baik dan buruk. Seperti yang terdapat dalam film State of Play, bahwa demi memberikan sebuah informasi berdasarkan kebenaran, Cal McAffrey tidak mengahdirkan berita yang dirasanya tidak pantas untuk di ketahaui oleh masyarakat. Contohnya saat berita tentang adanya skandal antara Stephen Collins dan Sonia Barker itu tidak diterbitkan oleh Cal McAffrey.


Comments

Popular posts from this blog

Elshinta Radio